Apa itu E-commerce,Ini 4 Pengertiannya

Apa itu Ecommerce?,kita bisa memahami bersama Pengertian Ecommerce, yang lebih dikenal sebagai perdagangan elektronik atau perdagangan internet.

Apa itu E-commerce,Ini 4 Pengertiannya

Jiwabisnis.com Apa itu Ecommerce? Ecommerce sering digunakan untuk merujuk pada penjualan produk fisik secara online, tetapi juga dapat menggambarkan segala jenis transaksi komersial yang difasilitasi melalui internet.

Dalam melakukan E-Commerce penggunaan internet menjadi pilihan favorit oleh kebanyakan orang karena kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh jaringan internet tersebut, yaitu:

Apa itu E-commerce,Ini 4 Pengertiannya
  • Internet sebagai jaringan public yang sangat besar, cepat dan kemudahan dalam mengaksesnya.
  • Internet menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.

Sejarah e-commerce dimulai dengan penjualan online pertama: pada 11 Agustus 1994 seorang pria menjual CD oleh band Sting kepada temannya melalui situs webnya NetMarket, platform ritel Amerika.

Ini adalah contoh pertama dari konsumen yang membeli produk dari bisnis melalui World Wide Web — atau “ecommerce” seperti yang kita kenal sekarang.

Sejak saat itu e-commerce telah berkembang untuk membuat produk lebih mudah ditemukan dan dibeli melalui pengecer dan pasar online.

Pekerja lepas independen, usaha kecil, dan perusahaan besar semuanya mendapat manfaat dari e-commerce, yang memungkinkan mereka untuk menjual barang dan jasa mereka pada skala yang tidak mungkin dilakukan dengan ritel offline tradisional.

Apa itu E-commerce,Ini 4 Pengertiannya

Penjualan ecommerce ritel global diproyeksikan mencapai $ 27 triliun pada tahun 2020.

kehadiran E-Commerce sebagai media transaksi yang baru, cepat dan mudah ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses jual beli dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.

Tiype dan Model Ecommerce

Ada empat jenis utama model e-commerce yang dapat menggambarkan hampir setiap transaksi yang terjadi antara konsumen dalam bisnis.

Apa itu E-commerce,Ini 4 Pengertiannya

1. Business to Consumer (B2C)

Ketika Transaksi terjadi, menjual barang atau jasa kepada konsumen individu (misalnya, Anda membeli sepasang sepatu dari pengecer online).

2. Business to Business (B2B)

Ketika Transaksi Terjadi, menjual barang atau layanan ke bisnis lain (mis. Bisnis menjual perangkat lunak sebagai layanan untuk digunakan Perusahaan lain)

3. Consumer to Consumer (C2C)

Ketika seorang konsumen menjual barang atau jasa ke konsumen lain (mis. Anda menjual furnitur lama Anda di Bukalapak ke konsumen lain).

4. Consumer to Business (C2B)

Ketika seorang konsumen menjual produk atau layanan mereka sendiri ke bisnis atau organisasi (mis. Influencer menawarkan pemaparan kepada pemirsa daring mereka dengan imbalan biaya, atau seorang fotografer melisensikan hasil fotografi mereka untuk digunakan oleh suatu merek atau produk usaha)

Apa itu E-commerce,Ini 4 Pengertiannya

Bentuk klasifikasi Ecommerce

Beberapa bentuk pengertia yang bisa di ambil, Ecommerce dapat mengambil berbagai bentuk yang melibatkan hubungan transaksi yang berbeda antara Penjual dan konsumen, serta berbagai objek yang dipertukarkan sebagai bagian dari transaksi.

Apa itu E-commerce,Ini 4 Pengertiannya

1. Ritel

enjualan produk oleh Produsen langsung ke pelanggan tanpa perantara.

2. Grosir

Penjualan produk dalam jumlah besar, seringkali ke pengecer yang kemudian menjualnya langsung ke konsumen.

3. Dropshipping

Penjualan produk, yang diproduksi dan dikirim ke konsumen oleh pihak ketiga.

4. Crowdfunding

Pengumpulan uang dari konsumen sebelum produk tersedia untuk meningkatkan modal awal yang diperlukan untuk membawanya ke pasar.

5. Berlangganan

Pembelian berulang secara otomatis atas suatu produk atau layanan secara teratur sampai pelanggan memilih untuk membatalkan.

Apa itu E-commerce,Ini 4 Pengertiannya

6. Produk fisik

Barang berwujud apa pun yang membutuhkan inventaris untuk diisi kembali dan pesanan dikirim secara fisik kepada pelanggan saat penjualan dilakukan

7. Produk digital

Barang digital, templat, dan kursus yang dapat diunduh, atau media yang harus dibeli untuk dikonsumsi atau dilisensikan untuk digunakan.

8. Layanan

Keterampilan atau serangkaian keterampilan yang diberikan sebagai ganti kompensasi. Waktu penyedia layanan dapat dibeli dengan biaya.