5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Jaman sekarang ini, mencari jenis investasi menguntungkan sebenarnya tidak lagi susah. Yang susah itu adalah menentukan jenis investasi mana yang cocok untuk kamu.

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Dalam berinvestasi, hal kecil yang sering disepelekan pun berdampak besar terhadap keuntungan investasi. Maka, jangan heran bila kamu sewaktu-waktu mendapatkan kerugian yang cukup signifikan terhadap keuangan, terutama terhadap investasi kamu.

Banyak orang yang tidak menyadari, bahkan tidak mau tahu, bagaimana pentingnya berinvestasi. Orang-orang yang sadar akan pentingnya investasi pasti akan mempertimbangkan baik-baik, mana uang yang harus ditabung dan mana yang harus diinvestasikan.

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Bila kamu sudah tahu betul bagaimana pentingnya berinvestasi dan ingin mencari tahu lebih lanjut jenis investasi menguntungkan untuk tahun 2017 ini, artikel ini cocok untuk kamu.

Agar kamu lebih terarah dalam menentukan jenis investasi, berikut 4 jenis investasi yang cocok untuk pemula yang bisa kamu coba sekarang juga.

1. Investasi Emas

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang digandrungi berbagai kalangan karena kemudahan dan nilainya yang relatif terjaga. Jika dahulu investasi emas terbatas pada kepemilikan fisik, kini investasi emas bisa dilakukan secara nonfisik lewat produk tabungan emas.

Secara prinsip, kedua cara investasi emas fisik maupun nonfisik bisa memberikan keuntungan. Tetapi terdapat sejumlah perbedaan yang harus dicermati, termasuk saat hendak memutuskan akan berinvestasi emas dalam bentuk apa.

2. Investasi Reksadana

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula
5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Bahkan investor pemula sekalipun tahu betul bahwa reksadana merupakan salah satu jenis investasi yang cocok untuk pemula.

Nominal minimal untuk turut serta dalam investasi reksadana pun terbilang rendah, mulai dari Rp 100.000.

Baca Juga: Cara Investasi Reksadana

Ada banyak jenis reksadana yang bisa diikuti, mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, hingga pasar saham.

Dana investasi yang kamu alokasikan nantinya akan ‘dimainkan’ oleh Manajer Investasi, maka pilih tujuan reksadana yang tepat. Baca juga prospektusnya dan pahami seluk-beluk di baliknya.

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Bila kamu sudah familiar dengan rekening bank, mendaftar investasi reksadana pun sebenarnya mirip ketika membuka rekening di bank tertentu.

Nantinya kamu akan akrab dengan istilah Unit Penyertaan (UP) dan Nilai Aktiva Bersih (NAB). Cara menghitung keuntungan investasi reksadana sebenarnya cukup mudah.

Misalnya, NAB untuk A seharga Rp 1.500. Maka bila kamu membeli 1.000 UP, kamu akan membelinya dengan harga Rp 1.500.000. Di akhir tahun, apabila NAB untuk A naik menjadi Rp 2.000.000, maka kamu untung Rp 500.000.

Bila NAB turun menjadi Rp 1.100.000, berarti rugi Rp 400.000. Rekomendasi yang paling tepat ketika NAB turun di akhir tahun adalah jangan menjualnya terlebih dahulu agar kamu bisa meredam kerugian

3. Investasi Properti

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Seperti investasi logam mulia, reksadana, dan lain-lain. Membeli properti untuk investasi masih agak jarang dilirik karena membutuhkan modal yang jauh lebih besar, padahal membeli rumah atau apartemen sangat menguntungkan, karena harganya selalu naik tiap tahun.

Seperti laporan realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negri (PMDN) dari Badan Koordinasi Penanaman Modal ( BKPM) selama Kuartal Pertama 2020 telah resmi dirilis.

Berdasarkan laporan tersebut, realisasi investasi di sektor properti dan hospitalitas mengantongi nilai investasi yang cukup tinggi yakni Rp 100 triliun dan Rp 58 triliun. Tampaknya sektor properti akan mendapatkan angin segar di tengah Pandemi Covid-19.

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Associate Director Coldwell Banker Commercial Dani Indra Bhatara mengatakan bahwa ini merupakan angka yang memberikan sentimen positif untuk pengembangan properti secara umum pada tahun 2020.

4. Investasi Saham

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Investasi saham merupakan kegiatan penanaman modal ataupun pembelian saham terhadap sebuah perusahaan. Pastinya kita semua sudah tahu bahwa modal merupakan kunci utama dalam menjalankan suatu bisnis. Nah, investasi saham dapat dikatakan serupa dengan memulai bisnis tersebut.

Hanya saja, dalam hal ini kita tidak memulai segalanya dari nol, melainkan turut berkontribusi menanamkan modal kepada perusahaan yang sudah ada atau yang sudah terbentuk.

Bagaimana cara menanamkan modalnya? Yaitu dengan membeli saham dari perusahaan yang kita inginkan. Ketika sudah membeli saham, maka secara tidak langsung kamu sudah menjadi pemilik dari perusahaan tersebut dan berhak mendapatkan bagian dari keuntungan yang pada nantinya didapatkan oleh perusahaan.

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Saat ini, anak muda banyak sekali yang sudah mulai terjun ke investasi saham. Bukan tanpa sebab, akses terhadap pasar saham kini semakin mudah.

Ada banyak perusahaan sekuritas yang bisa diakses di mana-mana untuk mendaftar dan mulai berkontribusi terhadap pasar saham.

Keuntungan dari investasi saham yang bisa didapat antara lain dari jual-beli setiap kepemilikan dan juga dividend dari perusahaan yang sahamnya kita miliki.

Saham cocok dijadikan sebagai investasi untuk pemula karena sekarang sumber daya untuk pembelajaran sudah semakin banyak, sehingga semakin mudah untuk memulainya.

5. Tabungan Berjangka

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Tabungan berjangka adalah jenis tabungan yang dikeluarkan bank yang memungkinkan nasabah mendapatkan bunga tabungan diatas rata – rata untuk target periode masa menabung tertentu, yang jika nasabah mengalami musibah bank menyediakan asuransi untuk mengcover sisa masa menabung.

Contoh tabungan berjangka adalah tabungan rencana Mandiri, tabungan pendidikan CIMB Niaga, tahapan berjangka BCA.

Mungkin ada yang menganggap bahwa tabungan berjangka bukan investasi karena lebih bersifat simpanan dengan return yang relatif kecil dibandingkan investasi lain.

Namun, saya melihat beberapa keuntungan tabungan berjangka, yaitu:

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Pertama, cocok untuk kebutuhan jangka pendek yang mengutamakan keamanan investasi, misalnya 3 bulan lagi digunakan untuk uang masuk sekolah anak, yang membutuhkan kepastian dana.

Kedua, memberikan kedisiplinan dalam melakukan setoran simpanan karena dalam tabungan berjangka sudah ada kontrak untuk menyetor uang via auto debet rekening selama periode tertentu dan tidak dapat dilakukan penarikan dana selama jangka waktu menabung.

Ketiga, meskipun bunga tabungan berjangka rendah dibandingkan investasi lain, tetapi dibandingkan tabungan reguler biasa, bunga tabungan berjangka masih lebih baik.

Keempat, bank memberikan Gratis perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah selama jangka waktu Tabungan Berjangka.

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Tabungan berjangka menawarkan alternatif investasi untuk Anda yang butuh simpanan resiko rendah dalam jangka pendek.

Resiko tabungan berjangka hampir tidak ada, meskipun bunga tabungan kerja kecil, sehingga tabungan berjangka cocoknya untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek.